Rabu, 09 November 2011

angklung jawa barat

APAKAH ALAT MUSIK ANGKLUNG, ANGKLUNG PENTATONIS DAN ANGKLUNG PADAENG?
APAKAH ALAT MUSIK ANGKLUNG ITU?

Image Angklung adalah alat musik terbuat dari bambu, dimainkan dengan cara digetarkan dan satu alat menghasilkan satu nada. Termasuk dalam kategori alat musik idiophone

Sound: sound alat musik angklung






APAKAH ANGKLUNG PENTATONIS?

ImageAngklung pentatonis adalah angklung dari masyarakat Sunda (dan dari daerah lainnya di Indonesia), dan dimainkan dengan lima nada tradisional, sehingga disebut pentatonis (5 nada), antara lain: pelog, salendro, madenda.



Sound: sound untaian nada da-mi-na-ti-la-da : Pelog
Sound: sound untaian nada da-mi-na-ti-la-da : Salendro
Sound: sound untaian nada da-mi-na-ti-la-da : Madenda

Sound: sound lagu pentatonis



APAKAH ANGKLUNG PADAENG?

ImageBapak Angklung Diatonis Daeng Sutigna, pada tahun 1937 mulai membuat angklung yang bertangganada diatonis (tepatnya diatonis kromatis), sehingga jumlah nadanya menjadi 7 buah seperti halnya alat musik dunia lainnya (misal piano, organ, biola)

Video: angklung diatonis
Sound: sound untaian nada do-re-mi-fa-sol-la-ti-do
Sound: sound lagu diatonis



Jenis alat musik angklung yang akan banyak dibahas di situs ini adalah angklung diatonis (disebut juga angklung padaeng). Untuk selanjutnya kata angklung  di sini bermakna angklung diatonis (= angklung padaeng)

Image Angklung Padaeng menjadi angklung bertangga nada diatonik kromatis, seperti halnya alat musik standard lainnya di dunia.

Beliau membuat angklung diatonis ini dalam dua jenis, yaitu angklung melodi (satu angklung mewakili satu nada) dan angklung accompagnement (satu angklung mewakili satu akord). Berikut disampaikan secara ringkas cara memainkan alat musik angklung agar dihasilkan permainan yang sempurna.

0 komentar: